January 11, 2009

SUMPAH DOKTER

SUMPAH DOKTER

Demi Allah saya bersumpah, bahwa :

Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan
Saya akan memelihara dengan sekuat tenaga martabat dan tradisi luhur jabatan kedokteran
Saya akan menjalankan tugas saya dengan cara yang terhormat dan bersusila, sesuai dengan martabat pekerjaan saya sebagai dokter
Saya akan menjalankan tugas saya dengan mengutamakan kepentingan masyarakat
Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan karena keilmuan saya sebagai dokter
Saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kedokteran saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan perikemanusiaan, sekalipun diancam
Saya akan menghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan
Saya akan senantiasa mengutamakan kesehatan penderita
Saya akan berikhtiar dengan sungguh-sungguh supaya saya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, perbedaan kelamin, politik kepartaian atau kedokteran sosial dalam menunaikan kewajiban terhadap penderita
Saya akan memberikan kepada guru-guru saya penghormatan dan pernyataan terima kasih yang selayaknya.
Saya akan perlakukan teman sejawat saya sebagaimana saya sendiri ingin diperlakukan
Saya akan menaati dan mengamalkan Kode Etik Kedokteran Indonesia
Saya ikrarkan sumpah ini dengan sungguh-sungguh dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya

Keterangan :
a.Bagi mereka yang tidak mengucapkan sumpah, perkataan sumpah diganti dengan janji.
b.Guru-guru saya termauk juga mereka yang pernah menjadi guru, dosen saya.

No comments: